Prinsip orang
dewasa adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan
dewasa. Prinsip yang akan dipelajari terdiri atas hokum belajar, penetapan
tujuan, pemilihan materi pelajaran, pengembangan sikap, idealism, minat, dan
pengajaran pengetahuan.
Hukum belajar berisi
ketentuan-ketentuan tentang cara orang belajar dan kondisi yang dapat
meningkatkan hasil belajar. Hokum belajar terdiri dari 8 unsur pokok :
-
Keinginan
belajar
-
Pengertian
terhadap tugas
-
Hukum
latihan
-
Hukum
akibat
-
Hukum
asosiasi
-
Minat,
dan intensitas
-
Ketetapan
hati
-
Pengetahuan
akan keberhasilan dan kegagalan
Penetapan tujuan yang
dibahas adalah penetapan tujuan umum dan penetapan tujuan khusus. Tujuan
pendidikan orang dewasa berbeda antara Negara yang satu dengan yang lain
tergantung pada visi dan misi Negara yang bersangkutan. Tujuan khusus pada
pendidikan apa pun, termasuk pendidikan orang dewasa perlu ditetapkan dengan
jelas dan lebih spesifik daripada tujuan umum. Tujuan khusus yang baik memiliki
cirri-ciri tertentu, antara lain harus bersifat berperilaku, menunjukkan
perubahan perilaku yang spesifik, dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat
diukur , mengarah pada tujuan umum.
Dalam
pemilihan materi pelajaran dalam pendidikan orang dewasa perlu menggunakan
kriteria antara lain : materi harus menarik, dapat dimengerti, bermanfaat,
dapat membantu mencapai tujuan pendidikan, dan sesuai dengan subject yang
ditetapkan.
Sikap,
idealisme, minat dan perasaan adalah dasar tujuan khusus ranah afektif dan
merupakan suatu kualitas emosi yang penting.jadi hal yang paling penting dalam
pengembangan sikap, idealiasme, dan minat adalah mengembangkan kemampuan
mengendalikan emosi menghadapi situasi sehari-hari. Emosi yang stabilakan
memberikan warna, semangat dan kebahagiaan hidup. Pengembangan idelisme diarahkan pada
pemahaman tentang idealisme. Idealism disini adalah suatu kelompok standart
kesempurnanaan yang diterima oleh individu atau kelompok. Jadi, prinsip
utamanya idealisme adalah melalui bacaan, diskusi, pengamatan, dan bimbingan.
Dalam mengajarkan pengetahuan, hanya
pengetahuan yang relevan saja yang perlu diajarkan. Pengetahuan dapat dibagi
menjadi dua jenis yaitu:
1.
Pengetahuan
yang harus diingat secara permanen seperti kebenaran, prinsip umum, hokum dan
teknik
2.
Pengetahuan
yang cukup dipelajari dimana menemukannya dan bagaimana menggunakannyaseperti
rumus yang rumit, daftar nama yang panjang dll.
Dalam
mengembangkan kemampuan memanipulatif atau psikomotor, dapat menggunakan teknik
yang disebut job instruction training (JIT) for short yang dikembangkan oleh
seorang guru perdagangan dan industry.
JIT for short tersebut mempunyai empat langkah dalam mengembangkan
kemampuan manipulatif, yaitu
(1) mempersiapkan peserta didik
(2) mengajarkan materi yang perlu
diajarkan
(3) meminta peserta didik untuk
mempraktikkan dan
(4) melaksanakan tindak lanjut
kemampuan memecahkan masalah adalah
kemampuan yang terpenting dari semua kemampuan yang ada. Tahapannya adalah
pengenalan problema, pembuatan daftar kemungkinan pemecahan masalah,
pengumpulan semua fakta yang mendukung pemecahan masalah, pengorganisasian atau
pertimbangan terhadap fakta-fakta tersebut, penetapan kesimpulan tentatif,
perbaikan semua kelemahan, dan pembuatan kesimpulan.
Membentuk
kebiasaan baru yang baik dan mengakhiri kebiasaan lama yang buruk adalah hal
penting bagi orang dewasa. Cara yang biasa dilakukan untuk membentuk kebiasaan
baru antara lain :
1. menemukan konsep kebiasaan baru,
2. memulai dengan kemampuan yang kuat,
3. jangan membiarkan pengecualian
sampai kebiasaan baru benar-benar berakar
4. melakukan latihan pada setiap
kesempatan
5. melakukan latihan sesempurna mungkin
6. mengatur situasi sehingga
menyenangkan, dan
7. pembentukan kebiasaan baru seyoginya
dari dorongan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar