Rabu, 09 April 2014

Prinsip Pendidikan Orang Dewasa



Prinsip  orang  dewasa  adalah  hal penting yang perlu  diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan dewasa. Prinsip yang akan dipelajari terdiri atas hokum belajar, penetapan tujuan, pemilihan materi pelajaran, pengembangan sikap, idealism, minat, dan pengajaran pengetahuan.
Hukum belajar berisi ketentuan-ketentuan tentang cara orang belajar dan kondisi yang dapat meningkatkan hasil belajar. Hokum belajar terdiri dari 8 unsur pokok :
-        Keinginan belajar
-        Pengertian terhadap tugas
-        Hukum latihan
-        Hukum akibat
-        Hukum asosiasi
-        Minat, dan intensitas
-        Ketetapan hati
-        Pengetahuan akan keberhasilan dan kegagalan
Penetapan tujuan yang dibahas adalah penetapan tujuan umum dan penetapan tujuan khusus. Tujuan pendidikan orang dewasa berbeda antara Negara yang satu dengan yang lain tergantung pada visi dan misi Negara yang bersangkutan. Tujuan khusus pada pendidikan apa pun, termasuk pendidikan orang dewasa perlu ditetapkan dengan jelas dan lebih spesifik daripada tujuan umum. Tujuan khusus yang baik memiliki cirri-ciri tertentu, antara lain harus bersifat berperilaku, menunjukkan perubahan perilaku yang spesifik, dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat diukur , mengarah pada tujuan umum.
        Dalam pemilihan materi pelajaran dalam pendidikan orang dewasa perlu menggunakan kriteria antara lain : materi harus menarik, dapat dimengerti, bermanfaat, dapat membantu mencapai tujuan pendidikan, dan sesuai dengan subject yang ditetapkan.   
        Sikap, idealisme, minat dan perasaan adalah dasar tujuan khusus ranah afektif dan merupakan suatu kualitas emosi yang penting.jadi hal yang paling penting dalam pengembangan sikap, idealiasme, dan minat adalah mengembangkan kemampuan mengendalikan emosi menghadapi situasi sehari-hari. Emosi yang stabilakan memberikan warna, semangat dan kebahagiaan hidup.  Pengembangan idelisme diarahkan pada pemahaman tentang idealisme. Idealism disini adalah suatu kelompok standart kesempurnanaan yang diterima oleh individu atau kelompok. Jadi, prinsip utamanya idealisme adalah melalui bacaan, diskusi, pengamatan, dan bimbingan.
Dalam mengajarkan pengetahuan, hanya pengetahuan yang relevan saja yang perlu diajarkan. Pengetahuan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1.      Pengetahuan yang harus diingat secara permanen seperti kebenaran, prinsip umum, hokum dan teknik
2.      Pengetahuan yang cukup dipelajari dimana menemukannya dan bagaimana menggunakannyaseperti rumus yang rumit, daftar nama yang panjang dll.
Dalam mengembangkan kemampuan memanipulatif atau psikomotor, dapat menggunakan teknik yang disebut job instruction training (JIT) for short yang dikembangkan oleh seorang guru perdagangan dan industry.  JIT for short tersebut mempunyai empat langkah dalam mengembangkan kemampuan manipulatif, yaitu
(1)    mempersiapkan peserta didik
(2)    mengajarkan materi yang perlu diajarkan
(3)    meminta peserta didik untuk mempraktikkan  dan
(4)    melaksanakan tindak lanjut
kemampuan memecahkan masalah adalah kemampuan yang terpenting dari semua kemampuan yang ada. Tahapannya adalah pengenalan problema, pembuatan daftar kemungkinan pemecahan masalah, pengumpulan semua fakta yang mendukung pemecahan masalah, pengorganisasian atau pertimbangan terhadap fakta-fakta tersebut, penetapan kesimpulan tentatif, perbaikan semua kelemahan, dan pembuatan kesimpulan.
            Membentuk kebiasaan baru yang baik dan mengakhiri kebiasaan lama yang buruk adalah hal penting bagi orang dewasa. Cara yang biasa dilakukan untuk membentuk kebiasaan baru antara lain :
1.      menemukan konsep kebiasaan baru,
2.      memulai dengan kemampuan yang kuat,
3.      jangan membiarkan pengecualian sampai kebiasaan baru benar-benar berakar
4.      melakukan latihan pada setiap kesempatan
5.      melakukan latihan sesempurna mungkin
6.      mengatur situasi sehingga menyenangkan, dan
7.      pembentukan kebiasaan baru seyoginya dari dorongan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar